Pages


Puasa Sehat Bagi Lanjut Usia

Rabu, 20 Mei 2015
Tips puasa sehat bagi lansia, Saat berusia lanjut, cairan dalam tubuh manusia berkurang sehingga ketika menjalankan puasa akan lebih cepat haus dan berisiko mengalami dehidrasi. Nafsu makan pada lansia juga sering menurun, biasanya karena faktor sosial, psikologis, penyakit, dan sensasi rasa lapar yang menurun. Rasa lelah, lemah, dan bingung pun selalu merasuki orang yang sudah lanjut usia. Untuk menyiasatinya, maka manula dianjurkan untuk minum dan makan dengan otak, bukan dengan lidah. Penuhi asupan kalori seperti biasanya karena kebutuhan kalori sama dengan ketika tidak berpuasa.

Hanya pola makan diubah menjadi 40% kalori saat sahur, 50% saat berbuka puasa, dan 10% sesudah tarawih. Konsumsi cairan sebanyak 30–50 cc/kg berat badan/hari atau setara dengan delapan sampai 10 gelas setiap hari, dapat dibagi menjadi 2 gelas saat berbuka puasa, 3–4 gelas setelah tarawih sampai dengan sebelum tidur, 1 gelas saat bangun tidur sebelum sahur, dan 1–2 gelas saat sahur. Jangan menunggu sampai haus baru minum, hal ini mencegah rasa lemas dan mengalami dehidrasi, Biasakan konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Lalu, hindari terlalu banyak es karena dapat menahan rasa kenyang yang mengakibatkan konsumsi makanan lengkap menurun.

Komposisi gizi makanan harus seimbang. Batasi makanan yang digoreng dan berlemak, serta yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Saat sahur jangan minum teh atau kopi karena bersifat diuretik yang membuat lansia sering buang air kecil.

Dianjurkan konsumsi makanan yang lambat dicerna dan tinggi serat. Saat berbuka puasa, disarankan mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Pisang juga baik dikonsumsi karena sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat.

Sebaiknya, makan berat setelah salat maghrib, diawali berbuka dengan yang manis untuk membatalkan. Selain itu, cukupi konsumsi vitamin dan mineral, serta waspadai terjadinya kekurangan cairan. Jangan lupa, selalu periksa ke dokter sebelum memulai puasa, untuk mengatur obat-obatan yang harus dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur.

Tidak ada komentar:


Kami Dari PT. Habbattussauda International Bandung Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Untuk Kaum Muslimin Yang Berada Di Indonesia dan Sekitarnya. Kita Tingkatkan Iman Dan Amal Kita Di Bulan Yang Suci Ini Dengan Kegiatan-Kegiatan yang Mengandung Pahala dan Kita Jaga Stamina dan Daya tahan Tubuh Kita Dengan Mengkonsumsi Suplemen Herbal yang Dipercaya dapat Menjaga Stamina Tubuh Dan Kekebalan Tubuh !